Positive Deviance Gizi pada Keluarga Miskin di Desa Baru, Sarolangun Jambi

  • Merita Merita Stikes Baiturrahim Jambi

Abstract

Latar Belakang: Meskipun kemiskinan di masyarakat, beberapa keluarga miskin memiliki anak bergizi baik. Hal ini dikarenakan adanya positive deviance yang diterapkan oleh keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran positive deviance gizi pada keluarga miskin di Desa Baru, Sarolangun Jambi.


Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Penelitian ini dilaksanakan pada April sampai Agustus 2016. Teknik penelitian adalah total sampling. Sampel penelitian sebanyak 84 balita dari keluarga miskin. Responden penelitian ini adalah ibu dari balita. Data diperoleh menggunakan wawancara kepada ibu balita menggunakan kuesioner dan pengukuran status gizi balita. Data yang terkumpul dilakukan analisis univariat.


Hasil: Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa positive deviance gizi kebiasaan pemberian makan (91,7%), pengasuhan balita (85,7%), kebersihan balita (69,0%), dan pemanfaatan pelayanan kesehatan (90,5%) tergolong baik.


Kesimpulan: Sebagian besar ibu memiliki  positive deviance yang baik pada empat indikator

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-30
How to Cite
MERITA, Merita. Positive Deviance Gizi pada Keluarga Miskin di Desa Baru, Sarolangun Jambi. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 75=82, june 2017. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/62>. Date accessed: 22 sep. 2017.