ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI ISOLAT BAKTERI ENDOFIT DARI DAUN CENDANA (Santalum album Linn.)

  • Nur Antriana STIKES Harapan Ibu Jambi

Abstract

Latar Belakang: Bakteri endofit merupakan bakteri yang dapat hidup di dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan bahaya dan memiliki senyawa aktif yang sama seperti tanaman inangnya. Bakteri endofit terdapat hampir pada 300.000 jenis tanaman yang ada di bumi. Bakteri endofit dapat diperoleh dengan cara diisolasi dari tanaman yang permukaannya telah disterilkan atau pun dapat diekstrak untuk mendapatkan bakteri yang hidup didalam jaringan tanaman. Cendana (Santalum album Linn.) merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat obat. Ekstrak daun cendana telah dilaporkan memiliki aktivitas sebagai antibakteri. Hal ini mendorong perlu dilakukannya isolasi bakteri endofit dari daun Cendana (Santalum album Linn.) yang diharapkan memberi aktivitas antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.


Metode: Penelitian ini menggunakan metode yang meliputi sterilisasi sampel, isolasi bakteri endofit, pemurnian isolat bakteri endofit, karakterisasi secara makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia serta uji aktivitas antibakteri. Pengujian antibakteri menggunakan metode difusi yaitu metode Kirby Bauer. Hasil: Isolat bakteri endofit yang diperoleh dari daun cendana adalah sebanyak 5 isolat yang diberi kode D6I3, D3I1, 1.1 (1’5’1’), 1.2 (2’10’2), dan 2.2 (2’10’2). Berdasarkan uji aktivitas antibakteri, 5 isolat bakteri endofit dari daun Cendana tidak memberikan daya hambat yang ditunjukkan dengan tidak terbentuknya zona bening.


Kesimpulan: Ini menandakan tidak adanya aktivitas antibakteri dari 5 isolat tersebut terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.


 


Kata Kunci : Antibakteri, bakteri endofit, daun cendana, santalum album.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-15
How to Cite
ANTRIANA, Nur. ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI ISOLAT BAKTERI ENDOFIT DARI DAUN CENDANA (Santalum album Linn.). Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 58-63, june 2017. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/60>. Date accessed: 22 sep. 2017.