Faktor penggunaan siklamat pada penjual minuman di Sekolah Dasar wilayah kecamatan Telanaipura kota Jambi

  • Ratna Sari Dewi STIKES Harapan Ibu Jambi

Abstract

Latar Belakang : Siklamat merupakan salah satu komponen yang sering ditambahkan dalam bahan makanan, penggunaan siklamat di sejumlah negara telah dilarang, namun di indonesia masih diperbolehkan dengan batas maksimal penggunaan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil suvei awal yang dilakukan peneliti dengan menguji sampel minuman di beberapa sekolah dasar wilayah kecamatan telanaipura kota jambi sebanyak 7 sampel terdapat sebanyak 57% minuman yang dijual mengandung siklamat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penjual minuman yang menggunakan siklamat dan yang berhubungan dengan faktor-faktor penggunaan siklamat pada penjual minuman di sekolah dasar wilayah kecamatan telanaipura kota jambi, yang dilaksanakan bulan Juli s/d Agustus 2018.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional, selanjutnya untuk melihat hubungan antara variabel dilakukan uji statistik dengan Chi-square.


 


Hasil : Hasil penelitian menunjukan dari 33 sampel minuman yang diuji terdapat sebanyak 24,2% minuman yang mengandung siklamat. Selain itu, sebanyak 21 responden (63,6%) memiliki tingkat pengetahuan rendah, 19 responden (57,6%) memiliki sikap negatif, 6 responden (18,2%) mempunyai akses mendapatkan siklamat mudah, dan 29 responden (87,9%) mengatakan petugas kesehatan berperan.


Kesimpulan: Adapun faktor yang berhubungan dengan penggunaan siklamat adalah akses (p-value=0,020) dan tidak terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value 0,206) sikap (p-value 0,098) peran petugas kesehatan (p-value 0,241) dengan penggunaan siklamat pada penjual minuman di sekolah dasar wilayah kecamatan telanaipura kota jambi.


 


Saran: Disarankan untuk sekolah melakukan pengawasan internal (evaluasi) menggunakan lapor terkait kantin sekolah dan peran puskesmas untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada penjual agar penjual paham tentang siklamat yang bertujuan supaya penjual minuman yang masih menggunakan siklamat tidak menggunakannya kembali.


 


 


Kata Kunci:  siklamat, pengetahuan, sikap, akses.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-30
How to Cite
DEWI, Ratna Sari. Faktor penggunaan siklamat pada penjual minuman di Sekolah Dasar wilayah kecamatan Telanaipura kota Jambi. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 70-74, june 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/55>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v8i1.55.