UJI TOTAL KANDUNGAN FLAVONOID DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK DAUN KEMBANG BULAN(Thitonia diversifolia (Hemsley) A. Gray)

  • Lia Anggresani STIKES HARAPAN IBU JAMBI

Abstract

Latar Belakang :Flavonoid merupakan senyawa yang berpotensi sebagai antioksidan dimana antioksidan merupakan senyawa yang dapat meredam radikal bebas. Tumbuhan Daun Kembang Bulan (Tithonia diversifolia (Hemsley) A. Gray) adalah suatu tumbuhan yang memiliki kandungan senyawa flavonoid. Tujuan untuk mengetahui kadar flavonoid dan aktivitas antioksidan pada ekstrak daun kembang bulan.


Metode :Penentuan kadar flavonoid total dinyatakan sebagai ekivalen dari kuersetin (µg/ml) dengan metode Spektrofotometer UV-Vis dan uji aktivitas antioksidan dengan metode DPPH.


Hasil :Hasil penelitian didapat bahwa kadar flavonoid total pada ekstrak daun kembang bulan adalah 0,00592667 % dan pengujian aktivitas antioksidan memberikan nilai IC50 sebesar 145,67µg/ml.


Kesimpulan :Ekstrak daun kembang bulan memiliki aktivitas antioksidan yang sedang dimana nilai IC50 berada pada range 101-250.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-03
How to Cite
ANGGRESANI, Lia. UJI TOTAL KANDUNGAN FLAVONOID DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK DAUN KEMBANG BULAN(Thitonia diversifolia (Hemsley) A. Gray). Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 18-23, june 2017. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/35>. Date accessed: 22 sep. 2017.