Analisis Biaya Penyakit Diabetes Melitus Tipe II Pasien BPJS di Bangsal Penyakit Dalam RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2016

  • deny sutrisno STIKES Harapan Ibu Jambi

Abstract

Latar Belakang : Terapi penyakit diabetes melitus dilakukan terus menerus seumur hidup, sehingga memerlukan biaya yang sangat besar. Estimasi biaya penyakit merupakan elemen penting dalam proses pengambilan keputusan dari penyakit kronis seperti diabetes. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pola biaya langsung dan biaya tidak langsung pasien diabetes melitus tipe II dengan komplikasi selama dirawat di bangsal penyakit dalam RSUD Raden Mattaher Jambi tahun 2016.


Metode : Metode buttom up dan human capital dilakukan secara deskriptif dan datanya dikerjakan secara prospektif. Data diambil dari bagian administrasi rawat inap bangsal penyakit dalam pasien diabetes melitus tipe II dan wawancara pasien diabetes melitus tipe II datanya meliputi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya dianalisis dengan perhitungan analisisi biaya menggunakan biaya total pengobatan.


Hasil : Total biaya komplikasi paling kecil adalah pasien diabetes melitus tipe II komplikasi GEA dengan biaya total sebesar Rp.858.740, sedangkan total biaya terbesar adalah pasien diabetes melitus tipe IIĀ  komplikasi CKD hipoalbumin dan anemia dengan biaya total sebesar Rp.3.649.890.


Kesimpulan : Analisisi biaya diabetes melitus tipe II membutuhkan biaya terkecil Rp.858.740, dan terbesar Rp.3.649.890.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-30
How to Cite
SUTRISNO, deny. Analisis Biaya Penyakit Diabetes Melitus Tipe II Pasien BPJS di Bangsal Penyakit Dalam RSUD Raden Mattaher Jambi Tahun 2016. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 64-70, june 2017. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/28>. Date accessed: 20 nov. 2017.