Hubungan karakteristik individu beban kerja dan shift kerja terhadap kelelahan kerja pada pekerja dibagian produksi PT. Supravisi Rama Optik Karawang

  • Abul Ainin Hapis Program Studi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

Abstract

ABSTRAK


PT. Supravisi Rama Optik Mfg merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan lensa kacamata yang dikembangkan oleh perusahaan Polycore Optical. PT. Supravisi Rama Optik Mfg. terletak di kawasan industri komplek Resinda, Jalan Karawang Spoor Desa Purwadana Kecamatan Teluk Jambe Karawang Barat. Pabrik terletak diatas tanah seluas 29.350 m². Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan antara karakteristik individu, beban kerja dan shift kerja terhadap kelelahan kerja di PT. Supravisi Rama Optik Mfg Tahun 2018.


Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif menggunakan desain studi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian produksi di PT. Supravisi Rama Optik Karawang yang berjumlah 83 Pekerja, dengan menggunakan alat ukur kuesioner Subjective Self Rating Test (SSRT).


Hasil analisa uji multivariat didapatkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah beban kerja. Hasil uji statistik diperoleh nilai p-value 0,000 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kelelahan kerja dengan beban kerja, dengan nilai OR 8,862 artinya beban kerja pekerja bagian produksi dengan beresiko tinggi memiliki risiko 8,86 kali mengalami kelelahan kerja dibandingkan dengan variabel shift kerja.


Disarankan kepada perusahaan untuk mengadakan pelatihan tentang beban kerja dan kelelahan kerja dalam bekerja dan untuk pekerja dapat mengikuti program kesehatan dan keselamatan kerja oleh pihak perusahaan serta menggunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya agar kelelahan kerja yang dialami dapat teratasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-30
How to Cite
HAPIS, Abul Ainin. Hubungan karakteristik individu beban kerja dan shift kerja terhadap kelelahan kerja pada pekerja dibagian produksi PT. Supravisi Rama Optik Karawang. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 30-37, june 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/224>. Date accessed: 15 july 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v8i1.224.