Dukungan keluarga dapat meningkatkan kemampuan activity of daily living pada pasien pasca stroke

  • Dasuki Dasuki
  • Sri Aprianti Hartini

Abstract

Abstrak


 


Latar Belakang: Stroke merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan karena angka prevalensinya yang tinggi dan akibat jangka panjang yang ditimbulkan. Stroke menimbulkan beberapa dampak yaitu menimbulkan kecacatan yang dapat mempengaruhi atau mengganggu seseorang dalam melakukan activity of daily living (ADL) sehingga dibutuhkan dukungan keluarga agar pasien stroke dapat melakukan aktivitas sehari-harinya. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian activity of daily living pada pasien pasca stroke.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita stroke yang berobat di ruang poli saraf, sampel yang diambil sebanyak 86 pasien pasca stroke. Penelitian ini dilakukan di ruang poli saraf RSUD H. Abdul Manap Jambi pada 03 – 22 Desember 2018 dengan menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data yang digunakan Chi square.


Hasil: Berdasarkan analisis univariat dari 86 responden, didapatkan hasil dukungan keluarga baik sebanyak 48 responden (55,8%) dan kemandirian activity of daily living terbanyak yaitu tingkat ketergantungan sedang sebanyak 66 responden (76,7%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kemandirian activity of daily living dengan nilai p-value = 0,026 (p<0,05).


Kesimpulan: Dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kemandirian activity of daily living.


 


Kata kunci : Stroke, Keluarga, Activity of Daily Living


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-28
How to Cite
DASUKI, Dasuki; HARTINI, Sri Aprianti. Dukungan keluarga dapat meningkatkan kemampuan activity of daily living pada pasien pasca stroke. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 22-29, june 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/221>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v8i1.221.