Hubungan asupan natrium, kalium; indeks masa tubuh, lingkar pinggang dengan tekanan darah pria dewasa muda

  • Evelin Malinti Universitas Advent Indonesia
  • Yunus Elon Universitas Advent Indonesia

Abstract

Hubungan asupan natrium, kalium; indeks masa tubuh, lingkar pinggang dengan tekanan darah pria dewasa muda


Evelin Malinti 1. Yunus Elon 2


1 2 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia


Email: evelin.malinti@unai.edu


 


Abstrak


Latar belakang: Peningkatan tekanan darah pada usia muda meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular. Kondisi obesitas dan  kecendrungan diet tinggi natrium dan rendah kalium menjadi penyebab peningkatan tekanan darah pada usia muda. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara asupan natrium-kalium, indeks masa tubuh, dan lingkar pinggang dengan tekanan darah.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan cross sectional design menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan responden yang sesuai kriteria inklusi.


Hasil: Data deskriptif menunjukkan bahwa responden memiliki asupan natrium yang cukup tinggi dan asupan kalium rendah. Sebagian besar responden memiliki IMT normal, namun 36% IMT tergolong overweight dan obesitas, sedangkan dari segi lingkar pinggang, responden memiliki ukuran lingkar pinggang normal. Berdasarkan tekanan darah sistolik sebagian besar responden tergolong memiliki tekanan darah normal (56%), elevated (36%), HT-1 (4%), dan HT-2 (4%). Berdasarkan tekanan darah diastolik, responden yang memiliki tekanan darah normal (28%), HT-1 (60%), dan HT-2 (12%). Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa  hubungan antara asupan natrium, kalium, dan lingkar pinggang dengan tekanan darah sistolik dan diastolik p>.05.  Sedangkan hubungan antara IMT dengan tekanan darah sistolik dan diastolik p<.05.


Kesimpulan: Tidak ada hubungan signifikan antara asupan natrium, kalium, dan lingkar pinggang dengan tekanan darah, dan terdapat hubungan signifikan antara IMT dengan tekanan darah. Pria dewasa muda perlu melakukan usaha mengontrol tekanan darah dengan mencapai IMT yang ideal dan memperhatikan angka kecukupan asupan natrium dan kalium.


 


Kata Kunci: asupan natrium, asupan kalium, IMT, lingkar pinggang, tekanan darah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-26
How to Cite
MALINTI, Evelin; ELON, Yunus. Hubungan asupan natrium, kalium; indeks masa tubuh, lingkar pinggang dengan tekanan darah pria dewasa muda. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-8, june 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/213>. Date accessed: 15 july 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v8i1.213.