Analisis penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di PT Remco Jambi tahun 2018

  • Melda Yenni STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Putri Sahara Harahap
  • Ponco Sutanoto

Abstract

Latar Belakang :Penerapan SMK3 bertujuan untuk meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi, mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja/buruh, dan/atau serikat pekerja/serikat buruh; serta  menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan SMK3 di PT. Remco Kota Jambi Tahun 2018.


Metode :Penelitian menggunakan rancangan kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi. Instrumen menggunakan pedoman wawancara mendalam, pedoman observasi dan pedoman telaah dokumen. Penyajian hasil ditulis dalam bentuk transkrip dan dianalisis secara naratif.


Hasil : Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa penerapan SMK3 di  PT Remco belum optimal diterapkan hal ini disebabkan sarana yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan, motivasi pekerja dalam penggunaan APD kurang baik masih ada  pekerja yang tidak menggunakan APD saat melakukan pekerjaan.


Kesimpulan :PT. Remco belum mencapai target SMK3 sesuai dengan PP No. 50 Tahun 2012 yaitu zero accident. Untuk itu disarankan untuk memberikan sangsi kepada pekerja yang tidak menggunakan APD dan reward kepada pekerja yang  sudah menggunakan APD dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-30
How to Cite
YENNI, Melda; HARAHAP, Putri Sahara; SUTANOTO, Ponco. Analisis penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di PT Remco Jambi tahun 2018. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 63-69, june 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/188>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v8i1.188.