Efektivitas terapi hipnosis lima jari terhadap ansietas klien hipertensi di Puskesmas Rawasari Jambi tahun 2018

  • Nofrida Saswati
  • Sutinah Sutinah Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Harapan Ibu Jambi, Indonesia
  • Ponaria Citra Rizki Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Harapan Ibu Jambi, Indonesia

Abstract

Abstrak


Latar Belakang : Klien dengan hipertensi mengalami kesulitan untuk tidur, selalu memikirkan tekanan darahnya sewaktu-waktu bisa saja meningkat dan klien merasa jenuh harus mengkonsumsi obat hipertensi terus-menerus. dampak dari hal tersebut mengakibatkan klien hipertensi dengan gejala resiko ansietas. Gangguan cemas merupakan gangguan emosional pengalaman subyektif  individu, tanpa objek yang spesifik karena ketidaktahuan dan mendahului semua pengalaman yang baru seperti penyakit fisik sehingga klien ansietas mengalami susah tidur, merasa tegang, mudah terkejut. Adapun dampak nya jantung berdenyut lebih cepat dan lebih kuat, sehingga tekanan darah akan meningkat. Oleh karena itu, klien hipertensi yang mengalami ansietas memerlukan penanganan yang baik dalam menurunkan ansietas nya. Ada beberapa terapi yang diberikan salah satunya adalah dengan terapi hipnosis lima jari. Terapi hipnosis lima jari  merupakan terapi generalis yang dapat menimbulkan efek relaksasi dan menenangkan. Metode ini telah banyak dilakukan dalam menurunkan kecemasan dan masalah psikososial lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi hipnosis lima jari untuk menurunkan tingkat ansietas klien hipertensi di Puskesmas Rawasari Kota Jambi Tahun 2018.


Metode : Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan Pretest Posttest One Group Design. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Rawasari Provinsi Jambi pada tanggal 16– 25 Agustus 2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh klien hipertensi yang ada di Puskesmas Rawasari Kota Jambi sebanyak 3170 responden. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 19 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dengan menggunkan lembar kuesioner dan pengukuran tekanan darah. Analisis data secara bivariat dengan menggunakan uji wilcoxon.


Hasil :Hasil penelitianmenunjukkanmenunjukkanbahwahasil uji pada kelompok pretest-posttest menunjukkannilai sig. 0,000 denganderajatkemaknaan 0,05. Hasil sig. 0,000< 0,05  yangartinyaadaefektivitasterapihipnosis lima jariterhadapansietasklienhipertensi di PuskesmasRawasari Kota Jambi Tahun 2018 Jambi.


Kesimpulan :Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan tingkat ansietas dan hipertensi sesudah intervensi. Diharapkan hasil penelitianinidapatdipergunakansebagaiintervensikeperawatan, sehinggadapatmeningkatkanmutupelayanankeperawatankomplementer di masyarakat


 


Kata Kunci                   :hipnotis lima jari, ansietas, hipertensi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-04
How to Cite
SASWATI, Nofrida; SUTINAH, Sutinah; RIZKI, Ponaria Citra. Efektivitas terapi hipnosis lima jari terhadap ansietas klien hipertensi di Puskesmas Rawasari Jambi tahun 2018. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 174-179, feb. 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/179>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v7i2.179.