Pola Pengasuhan Orang Tua Dengan Kreativitas Anak Prasekolah Di TK Al-Azhar Kota Jambi

  • Mefrie Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Sutinah Sutinah Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKES Harapan Ibu, Jambi, Indonesia
  • Maria Ulfa Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKES Harapan Ibu, Jambi, Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Kreativitas anak merupakan segala proses yang dilalui oleh anak dalam rangka melakukan, mempelajari, dan menemukan sesuatu yang baru yang berguna bagi dirinya dan orang lain. Salah satu kendala dalam meningkatkan kreativitas anak adalah pola pengasuhan oran tua. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pola pengasuhan orang tua dengan kreativitas anak prasekolah di TK Al-Azhar Kota Jambi Tahun 2018.


Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dengan jumlah populasi adalah seluruh siswa TK B Al-Azhar Kota Jambi sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17-23 Februari 2018 yang dilakukan di TK Al-Azhar Kota Jambi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square.


Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 80 responden, 70 responden (87,5%) menerapkan pola pengasuhan informal dan 72 responden (90%) dalam kategori kreatif dan 6 responden (8,8%) dalam kategori belum kreatif. Ada hubungan yang bermakna antara pola pengasuhan orang tua dengan kreativitas anak prasekolah di TK Al-Azhar Kota Jambi Tahun 2018 karena nilai p (0,000) < 0,05.


Kesimpulan : Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar menggunakan pola pengasuhan caregiver informal dan sebagian besar anak dalam kategori kreatif sehingga untuk meningkatkan perkembangan anak dengan memberikan informasi tentang pengaruh pola pengasuhan orangtua dan dampaknya terhadap kreativitas anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31
How to Cite
PUSPITA, Mefrie; SUTINAH, Sutinah; ULFA, Maria. Pola Pengasuhan Orang Tua Dengan Kreativitas Anak Prasekolah Di TK Al-Azhar Kota Jambi. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 140-146, jan. 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/170>. Date accessed: 21 july 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v7i2.170.