Hubungan indeks massa tubuh dan riwayat peradangan sendi dengan kejadian osteoartritis

  • MAULANI MAULANI STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Rian Maylina Sari
  • Teti Isfrueni

Abstract

Latar Belakang : Osteoartritis merupakan kondisi yang menyerang lebih dari 27 juta orang dewasa di Amerika. Di Indonesia prevalensi osteoartritis yang tampak secara radiologis cukup tinggi, yaitu 15,5% pada pria dan 12,7% pada wanita. Indeks massa tubuh dan riwayat peradangan pada sendi merupakan salah satu faktor penyebab penyakit osteoartritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dan riwayat peradangan sendi dengan kejadian osteoartritis Di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi Tahun 2018.


 


Metode : Penelitian ini menggunakan desain case control. Populasi kasus yaitu seluruh pasien osteoartritis dan populasi kontrol yaitu seluruh pasien yang memiliki tanda dan gejala serupa yaitu nyeri dan kekakuan sendi. Pengambilan sampel diambil dengan matching jenis kelamin 1:1 yaitu terdiri dari sampel kasus sebanyak 25 dan sampel kontrol sebanyak 25 dengan tekhnik purposive sampling, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar checklist,  hasil penelitian di uji secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square.


 


Hasil : Hasil analisis univariat pada kelompok kasus menunjukkan 72% responden memiliki IMT dengan kategori obesitas, 78% memiliki riwayat peradangan sendi sedangkan pada kelompok kontrol 64% responden memiliki IMT yang normal, dan 84% responden tidak memiliki riwayat peradangan sendi. Hasil analisis uji Chi-Square diketahui ada hubungan yang bermakna antara indeks massa tubuh dengan kejadian osteoartritis p-Value = 0,023 (p<0,05), daengan nilai Odds Ratio (OR) = 2,19, dan ada hubungan antara riwayat peradangan sendi dengan kejadian osteoartritis p-Value = 0,001 (p<0,05) dengan  nilai Odds Ratio (OR) = 11,15.


 


Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara indeks massa tubuh dan riwayat peradangan sendi dengan kejadian osteoartritis di RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Diharapkan kepada instansi terkait dapat meningkatkan upaya pencegahan, dengan melakukan komunikasi kepada pasien berupa pentingnya penurunan berat badan dan menjaga pola makan yang sehat.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-23
How to Cite
MAULANI, MAULANI; SARI, Rian Maylina; ISFRUENI, Teti. Hubungan indeks massa tubuh dan riwayat peradangan sendi dengan kejadian osteoartritis. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 123-129, jan. 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/167>. Date accessed: 19 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v7i2.167.