Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Melalui Pengenalan Proses Penjernihan Air Secara Sederhana

  • Muh. Shofi Prodi S1 Biologi Fakultas Sains, Teknologi dan Analisis Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata, Kediri, Indonesia
  • Nurul Istiqomah Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Aisyah Hadi Ramadani Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Durroh Humairoh Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Inayah Fitri Universitas Billfath Lamongan

Abstract

Air merupakan sumber kehidupan bagi mahluk hidup. Air merupakan kebutuhan yang paling penting dalam kehidupan manusia terutama air tawar yang bersih dan sehat. Namun demikian, kelangkaan dan kesulitan mendapatkan air bersih dan layak pakai menjadi permasalahan yang mulai muncul di banyak tempat dan semakin mendesak dari tahun ke tahun. Salah satu cara untuk mengatasi kendala tersebut dengan menjernihkan air dengan bantuan pasir, sabut air, pecahan genting, pasir, dan arang. Program ini bermaksud memberi edukasi pada siswa mengenai cara penjernihan air secara sederhana. Tujuan dari dilaksanakan program ini yaitu memberikan informasi tentang penjernihan air secara sederhana dengan menggunakan  pasir, sabut air, pecahan genting, pasir, dan arang di SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Kediri. Metode yang digunakan dalam proses penyuluhan yang dilaksanakan di ini yaitu dengan menggunakan tiga metode yaitu: metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi menggunakan pasir, sabut air, pecahan genting, pasir, dan arang. Hasil yang dicapai adalah para siswa mengetahui bahaya air yang tercemar cara menjernihkan air secara sederhana. Antusias para siswa terlihat saat praktik cara menjernihkan air secara sederhana dengan menggunakan pasir, sabut air, pecahan genting, pasir, dan arang.

Published
2020-04-20
How to Cite
SHOFI, Muh. et al. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Melalui Pengenalan Proses Penjernihan Air Secara Sederhana. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 15-23, apr. 2020. ISSN 2686-1003. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/jphi/article/view/375>. Date accessed: 24 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/jphi.v2i1.375.