Pemanfaatan Tanaman Tradisional Sebagai Penunjang Kesehatan di Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi

Pemanfaatan Tanaman Tradisional Sebagai Penunjang Kesehatan di Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi

  • Santi Perawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Lia Anggresani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Yuni Andriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Lili Andriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Barmi Hartesi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Rahmadevi Rahmadevi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Desi Sagita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Deny Sutrisno Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Fhatia Medina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Muhammad Randa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Indah Astridawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

Abstract

Latar Belakang:Survei dan sosialisasi tentang pemanfaatan tanaman tradisional, penggunaan obat sintetis yang baik dan benar, bahaya kosmetik ilegal dan kanker serviks dilakukan atas dasar menyadarkan kembali kepada masyarakat akan pentingnya pengobatan yang berasal dari alam, bahaya penggunaan kosmetik yang tidak terdaftar serta cara mendeteksi kanker serviks khususnya pada wanita. Penggunaan obat sintetis dipilih jika suatu penyakit tidak dapat diatasi oleh obat-obatan tradisional. Selain itu, perlu diimbau kembali kepada masyarakat khususnya para wanita agar mewaspadai kosmetik ilegal yang masih beredar karena bahaya yang ditimbulkan akan sangat serius di kemudian hari. Adapun pengenalan tentang kanker serviks dimana penyakit ini masih menjadi ancaman yang mematikan bagi kaum wanita dikarenakan sulitnya untuk mendeteksi penyakit ini.


Metode:Data survei dikumpulkan melalui pemberian kuesioner ke masing-masing rumah warga.Menindaklanjuti hasil survei, maka diadakan sosialisasi yang disampaikan dengan metode ceramah dan tanya jawab seputar tema yang dibicarakan


Hasil: Hasil survei didapatkan bahwa pertama, warga belum banyak mengetahui kegunaan atau cara memanfaatkan tanaman di sekitar rumah mereka untuk tujuan pengobatan. Kedua, warga sebagian besar tidak mengetahui cara membuang obat yang benar, ketiga para wanita atau ibu-ibu di RT.06 masih ada memakai kosmetik yang ternyata mengandung zat berbahaya dan keempat para wanita atau ibu di RT.06 belum mengetahui apa itu kanker serviks dan bagaimana cara mendeteksi penyakit ini. 


Kesimpulan:setelah diadakannya sosialisasi masyarakat telah mengetahui manfaat tanaman tradisional, informasi seputar penggunaan obat, bahaya kosmetik ilegal, dan cara mendeteksi sejak dini kanker serviks.

Published
2020-04-20
How to Cite
PERAWATI, Santi et al. Pemanfaatan Tanaman Tradisional Sebagai Penunjang Kesehatan di Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-5, apr. 2020. ISSN 2686-1003. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/jphi/article/view/371>. Date accessed: 27 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/jphi.v2i1.371.