Penyuluhan Tentang Pemberantasan Jentik Nyamuk Demam Berdarah Dengue di Puskesmas Rawasari

  • melda yenni STIKES HI JAMBI
  • cici wuni

Abstract

Nyamuk merupakan salah satu faktor penyebab penyakit yang kini telah menyerang manusia. Salah satu faktornya adalah masyarakat kurang menjaga kesehatan lingkungan sehingga  menyebabkan nyamuk dapat berkembang dengan pesat pada lingkungan. Untuk itu, agar masyarakat dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk misalnya Demam Berdarah dengue (DBD), masyarakat dapat melakukan pemberantasan sarang nyamuk dilingkungan masing - masing


program Pemberantasan Sarang Jentik Nyamuk (PSJN) salah satunya. Pemberantasan Sarang Jentik Nyamuk (PSJN) dilakukan secara rutin terlebih setiap musim jangkitan DBD, kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu dengan fogging (pengasapan), abatisasi, dan pelaksanaan 3M (menguras, menutup, dan mengubur)


Kelurahn Rawasari salah satu kelurahan yang harus diwaspadai mengenai kebersihan lingkungannya terutama dalam pemberantasan nyamuk demam berdarah yang akhir-akhir ini mulai berjangkit, terdapat 14 kasus DBD di tahun 2018 yang  kembali dan meresahkan masyarakat serta memotivas pihak –pihak terkait seperti puskesmas rawasari untuk memberantas jentik nyamuk dan melakukan pola hidup sehat.


Maka dari itu perlu diadakannya penyuluhan tentang pemberantasan sarang nyamuk sebagai pengetahuan tentang upaya Mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue melalui penyuluhan pentingnya pemberantasan jentik nyamuk dan sarang nyamuk demak berdarah di Puskesmas Rawasari Jambi


 

Published
2019-04-30
How to Cite
YENNI, melda; WUNI, cici. Penyuluhan Tentang Pemberantasan Jentik Nyamuk Demam Berdarah Dengue di Puskesmas Rawasari. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-11, apr. 2019. ISSN 2686-1003. Available at: <http://www.stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/jphi/article/view/190>. Date accessed: 13 june 2021. doi: https://doi.org/10.30644/jphi.v1i1.190.